TADAO ANDO
Lahir di distrik Minato, Osaka sebagai putra kembar. Dibesarkan kakek dan nenek dari pihak ibu di distrik Asahi, nama keluarga Ando diperolehnya dari keluarga ibunya. Adik kembarnya bernama Takao Kitayama, memiliki perusahaan konsultan dan desain,Kitayama & Company di Tokyo. Arsitek Kōjirō Kitayama berkolaborasi dengan Peter Eisenman adalah adik bungsunya.
Ando pernah kuliah malam hari di Jurusan Arsitek Osaka Institute of Technology Junior College namun tidak sampai selesai. Great Ando adalah nama ring sewaktu menjadi petinju profesional. Uang hadiah dari bertinju dipakainya untuk mengembara ke Amerika, Eropa, Afrika, dan Asia.
Arsitektur sering dikatakan dipelajarinya secara otodidak dengan membaca buku dan mengamati karya-karya arsitektur dalam perjalanannya di banyak negara. Walaupun demikian, setelah lulus dari sekolah menengah teknik, Ando pernah berkuliah di sekolah seni Setsu Mode Seminar yang didirikan Setsu Nagasawa. Selain itu, ia pernah bekerja di sebuah biro arsitek, serta mengikuti kursus interior secara tertulis. Sebelum mendesain bangunan, Ando pernah menangani interior sejumlah kafe di wilayah Kansai.
Pada tahun 1969, Ando mendirikan biro arsitek Tadao Ando Architects & Associates di Osaka. Kantornya banyak menerima pesanan bangunan rumah tinggal. Karya-karya awalnya termasuk Kebun Mawar di distrik Ikuta, Kobe (1977) dikerjakan bersamaYasuhiro Hamano dari Team Hamano. Penghargaan Institut Arsitek Jepang diterimanya untuk desain rumah tinggal sederhana di Osaka, Sumiyoshi no Nagaya (Azuma House) pada tahun 1979. Sejak itu pula, Ando mengembangkan gaya arsitektur berupa bentuk-bentuk geometris dari beton ekspose tanpa finishing.
Pada tahun 1980-an, karya Ando terus bermunculan di wilayah Kansai (termasuk Kitano Ijinkan di Kitano-chō, Kobe, dan kawasan Shinsaibashi, Osaka), pusat perbelanjaan, kuil, serta gereja. Bangunan fasilitas publik dan museum seni banyak dihasilkannya pada tahun 1990-an. Ando juga diundang sebagai profesor tamu di luar negeri, seperti di Universitas Yale (1987), Universitas Columbia (1988), Universitas Harvard (1889), dan Universitas South California (2002). Sejak tahun 1997, Ando menjadi dosen di Fakultas Teknik Universitas Tokyo, dan setelah pensiun mendapat gelar Profesor Emeritus (2003), serta gelar Tokubetsu eiyo kyōju (Profesor Kehormatan Luar Biasa Universitas Tokyo) pada tahun 2005.
"Dalam semua karya saya , cahaya merupakan faktor pengendali penting , " kata Ando . " Saya membuat ruang tertutup terutama melalui dinding beton tebal . Alasan utama adalah untuk menciptakan tempat bagi individu , sebuah zona untuk diri sendiri dalam masyarakat . Ketika faktor-faktor eksternal dari lingkungan kota membutuhkan dinding tanpa bukaan , interior harus menjadi yang utama dan memuaskan . "
Dan lebih jauh tentang masalah dinding , Ando menulis , " Pada saat dinding mewujudkan kekuatan yang berbatasan dengan kekerasan . Mereka memiliki kekuatan untuk membagi ruang , mengubah bentuk tempat , dan membuat domain baru . Dinding adalah elemen paling dasar dari arsitektur , tetapi mereka juga bisa menjadi yang paling memperkaya. "
" Hal-hal seperti cahaya dan angin hanya memiliki arti ketika mereka diperkenalkan dalam rumah dalam bentuk terputus dari dunia luar . Saya membuat urutan arsitektur berdasarkan geometri kotak , lingkaran, segitiga dan persegi panjang . Saya mencoba untuk menggunakan kekuatan di daerah di mana aku membangun , untuk mengembalikan rumah dan kesatuan antara alam ( cahaya dan angin ) yang hilang dalam proses modernisasi rumah Jepang selama pertumbuhan cepat tahun lima puluhan dan enam puluhan . "
John Morris Dixon dari Progresif Arsitektur menulis pada tahun 1990 : " “The geometry of Ando’s interior plans, biasanya melibatkan sistem persegi panjang memotong melalui oleh dinding melengkung atau miring , dapat melihat pada pandangan pertama agak sewenang-wenang dan abstrak . Apa yang kami temukan dalam bangunan yang sebenarnya adalah disesuaikan dengan hunian manusia . " Lebih lanjut, ia menjelaskan karya Ando sebagai reductivist , tetapi " ... efek bukan untuk menghalangi kita dari kekayaan sensorik . Jauh dari itu Seluruh bangunan tampaknya ditujukan untuk memusatkan perhatian kita pada hubungan volume -nya cukup, permainan cahaya di dinding, dan urutan prosesi ia berkembang. "
Ando menceritakan bahwa ia menemukan sebuah buku tentang Le Corbusier di sebuah toko buku bekas di Osaka . Perlu waktu beberapa minggu untuk menyimpan cukup uang untuk membelinya . Begitu di tangannya , Ando berkata , " Aku menelusuri gambar-gambar dari periode awal berkali-kali bahwa semua halaman menjadi hitam . Dalam pikiran saya , saya cukup sering bertanya-tanya bagaimana Le Corbusier akan berpikir tentang proyek ini atau itu "Ketika ia mengunjungi Marseilles , Ando ingat mengunjungi Corbu’s Únite d’Habitation , dan menjadi tertarik dengan penggunaan dinamis beton . Meskipun beton (bersama dengan baja dan kaca ) adalah bahan favorit Ando , dia telah menggunakan kayu dalam beberapa proyek langka , termasuk untuk jepang Pavilion Expo '92 di Spanyol .
Beton Ando sering disebut sebagai “smooth-as-silk.” Dia menjelaskan bahwa kualitas konstruksi tidak bergantung pada campuran itu sendiri , tetapi lebih pada bentuk kerja ke beton yang di cor . Karena tradisi arsitektur kayu " di Jepang , tingkat kerajinan pertukangan sangat tinggi .
Meskipun Ando memiliki preferensi untuk beton , itu bukan bagian dari tradisi bangunan Jepang . " Kebanyakan rumah Jepang dibangun dengan kayu dan kertas , " ia menjelaskan , " termasuk saya sendiri . Saya telah tinggal di sana sejak aku masih kecil . Hal ini seperti gua saya , saya sangat nyaman di sana . " Dia menjelaskan bahwa dia adalah anak sulung laki-laki kembar . Ketika ia berumur dua tahun, diputuskan bahwa nenek dari pihak ibu akan membangkitkan dia , dan ia diberi namanya , Ando . Mereka pertama kali tinggal di dekat pelabuhan Osaka sebelum pindah ke mana dia tinggal saat ini .
Berikut ini merupakan karya-karya dari Tadao Ando:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar