PAPPENGAJA/NASEHAT
, Nigi-nigi tettongiwi gettengngé sitettongi nabittaq Muhammad, pajel1okammoi tenri jellokang.
2. Nigi-nigi tettongiwi lempué sitettongiwi nabi Adang. Pabbicaramoi tenri.
bicara.
3. Nigi-nigi tettongiwi ada tongengngé sitettongiwi nabi héléré, pasauq moi
tenri sauq.
4. Nigi-nigi tettongiwi alabongngé, sitettongiwi malaikaq Jiberilu, patawangmoi
ténri tawai.
5. Nigi-nigi tettongiwi mekkoé, sitettongiwi malaikaq Mikailu. Pappadeceng moi
ténri padecengi,
6. Nigi-nigi tettongiwi nyamekkininnawaé, sitettongiwi malaikaq Israilu,
mappacongamoi tenri paconga, menré moi tenno.
7. Naiya gettengngé sipa pajéllokannai nabitta Muhammad.
8. Naiya Lempué sipa pabbicarannai nabittaq Adang
9. Naiya ada tongengngé sipa pasaunai nabi héléré.
10. Naiya lobaé sipa patawannai malaikaq Jibrilu
11. Naiya mekkoé sipa mappadécénnai malaikaq Mikailu
12. Naiya nyamekkininnawaé sipa menreqna malaikaq Israilu
13. Naiya temmappasilaingengngé sipa mappaconganai malaikaq Israfilu
14. Nigi- nigi posipa’ iaro bicara pitué iyaréga sipa’ pitué, narékko namaséi
puang Alla Taala malampé sunge’ sugi, panritai, mawijai, pasiangi tana wijanna
(mapparenta).
15. Naiya gettennge ri Puang Alla Taala pannennuangngi pogauq pakkasiwiang ri
Puang Alla Taala, mappanennuattoi niniriwi pappésangkana.
16. Naiya lempué ri Puang Alla Taala matékakangengngi majéppu Puang Alla Taala
pancaji ripancajié.
17. Naiya ada tongengngé ri puang Alla Taala riatékakangngi déq mappabati
rilainnaé puang Alla Taala.
18. Naiya lobaé ri puang Alla Taala mappésonangengngi aléna ri puang Alla
Taala.
19. Naiya mekkoé ri puang Alla Taala, tawakkalaé ri Puang Alla Taala.
20. Naiya nyamengkininnawaé ri puang Alla Taala pannenuangi pappujinna lao ri
Puang Alla Taala.
21. Naiya temmappasilaingengé ri Puang Alla Taala iyanaritu sukkurué ri puang
Allah Taala, napappada-padai céddé, maégaé pabbéréna puang Alla Taala, maperina
na mayamenna.
22. Naiya gettengngé ri puang Alla Taala narékko purai tapoada ajaq natapinrai.
23. Naiya lempué ri puang Alla Taala pasitinajaénngi gauq ri aléna.
24. Naiya ada tongengngé ri puang Alla Taala siturupi riatitta, lidata
tapoadaé.
25. Naiya lobaé ri puang Alla Taala , agi- agi nacinnai tawérénngi narekko
engkai nasitinaja hallalaq anré-anré togi pakaiang togi.
26. Naiya mekkoéri puang Alla Taala, aja tapoadai ada temmakkegunaé
27. Naiya nyamekkininnawaé ri puang Alla Taala ajaq tapawawoi alétaq tenna ulle
sangadinna pakkasiwiangngé ri puang Alla Taala.
28. Naiya temmappasilaingngé ri puang Alla Taala, mauki arung, mauki panrita,
mauki sugi, ita pada-padamaneng moi alemu padammu ripancaji.
29. Naiya gettengngé ri padattaq tau. maéloppiq molai, taiséppi tapoadangngi
padatta tau.
30. Naiya lempué ri padatta tau, taitapi, taisséppi, tapoadanngi padatta tau.
31. Naiya ada tongengngé ripadatta, taitapi, taiséppi, tapoadangi padatta tau.
32. Naiya lobaé ri padatta tau. Narekko engka waramparangmu nacinnai padammu
tau nasitinaja mua taweréngngi nasaba anu lao réwemuatu, majéppu puang Alla
Taala pasiwale ritu.
33. Naiya mekkoé ri padatta tau, aja naribicara ri munri padatta tau.
34. Naiya nyamekkininnawaé ri padattaq tauq narékko napéjariki padattaq tauq
tawaleq tosiha nasaba deceng. Nasaba riissenni anu maja.
35. Naiya temmapasilaingengé ri padattaq tau pattongengngi patujué, pasalai tau
to rialena narekko salai iyamo nasalang, mau taulaeng narekko patujui iyamato
natongengang.
36. Naiya gettengngé ri sewwa-sewwaé, narékko joppakki nakitabbuttu, gettengngi
makkedaé iyaqmuro pasala nasabaq anu dé natassala rionronna naiya pogeppai,
capu-capui namasigaq sau.
37. Naiya lempué ri sewwa- sewwaé, narékko engka waramparatta nanré olokolo aja
tapocai, nasabaq dalleqna motuto nanré.
38. Naiya mekkoé ri sewwa-sewwaé, aja mutarasui sewwa-sewwaé.
TERJEMAHAN
1.Barang siapa yang Menegakkan keteguhan adalah sependirian dengan nabi kita
Muhammad yang selalu menuntun tetapi tidak pernah dituntun.
2.Barang siapa menegakkan kejujuran, maka sependirian dengan nabi Adam, yang
selalu memberitahukan tapi tidak pernah diberitahukan.
3.Barang siapa yang selalu berkata benar, dia sependirian dengan Nabi Haidir
yang selalu menang dan tidak pernah kalah.
4.Barang siapa menegakkan kedermawanan, maka sependirian dengan malaikat Jibril
yang selalu memberi, tetapi tidak pernah diberi.
5.Barang siapa menegakkan diam maka sependirian dengan malaikat Mikaill yang
selalu menghalangi tidak pernah dihalangi.
6.Barang siapa berhati baik, sependirian dengan malaikat Israil dia dipanuti
tidak direndahkan, dia naik tidak pernah turun.
7.Adapun keteguhan itu adalah sifat penunjuknya nabi kita Muhammad.
8.Adapun kejujuran itu sifat perkataannya nabi Adam.
9.Adapan berkata benar itu sifat menangnya nabi Haidir.
10.Adapun dermawan itu, sifat pemurahnya malaikat Jibril.
11.Adapun diam itu sifat kebaikan malaikat Mikail.
12.Adapun berhati baik sifat mulianya malaikat Israil.
13.Adapun tidak membeda-bedakan sifat kepanutannya malaikat Israfil.
14.Barang siapa yang memiliki perkara yang tujuh itu, apabila Allah SWT
merahmati maka panjang umurnya, kaya, ulama, berketurunan, dan turunannya
berpeluang memerintah.
15.Adapun keteguhan kepada Allah swt, mengekalkan melakukan ibadah kepada Allah
swt , meneguhkan menghindari larangannya.
16.Adapun kejujuran kepada Allah swt, yaitu orang yang bertindak karena Allah
yang menciptakan mahluknya.
17.Adapun perkataan benar kepada Allah swt, yaitu melaksanakan perintahnya
dengan tidak berdasar selain daripada Allah
18.Adapun dermawan kepada Allah swt, yaitu menyerahkan sepenuhnya kepada Allah.
19.Adapun diam kepada Allah yaitu bertawakkal kepada Allah
20.Adapun berhati baik kepada Allah swt, yaitu mengekalkan cintanya kepada-Nya.
21.Adapun tidak berubah pikiran kepada Allah swt yaitu bersyukur kepada Allah
tidak membedakan sedikit atau banyak pemberian Allah swt, bahagia atau susah.
22.Adapun keteguhan kepada Allah swt, apabila sudah mengatakan sesuatu jangan
lagi diubah.
23.Adapun kejujuran kepada Allah swt yaitu berbuat sewajarnya pada diri
sendiri..
24.Adapun berkata benar terhadap Allah swt yaitu apabila hati dan lidah sejalan
25.Adapun dermawan kepada Allah swt yaitu memberikan sesuatu kepada orang lain
yang diinginkan dalam batas halal, pakaian, ataupun berupa makanan.
26.Adapun diam kepada Allah swt, yaitu jangan membicarakan hal-hal yang tidak
berguna.
27.Adapun berhati baik kepada Allah SWT, jangan .........
28.Adapun yang tidak membeda-bedakan di sisi Allah, apakah bangsawan, ulama,
orang kaya lihatlah sama derajatnya sebagai sesama ciptaan.
29.Adapun keteguhan kepada sesama manusia, kita dapat melakukannya, kita
beritahu orang jika kita mengetahuinya.
30.Adapun kejujuran sesama manusia yaitu lihatlah, ketahuilah, kemudian
memberitahukan orang lain.
31.Adapun perkataan baik terhadap sesama manusia, yaitu lihatlah, ketahuilah,
kemudian memberitahukan orang lain.
32.Adapun dermawan sesama manusia, yaitu apabila ada harta benda kita yang
diinginkan orang laindan wajar bila memberinya, karena barang datang dan pergi,
maka Tuhan yang akan memberi ganjaran.
33.Adapun diam sesama manusia, yaitu jangan membicarakan orang yang tidak hadir
34.Adapun berhati baik sesama manusia, yaitu jika orang berbuat baik pada kita
tetap dibalas dengan kebaikan, sebab sudah diketahui bahwa hal tersebut jahat.
35.Adapun yang tidak membeda-bedakan sesama manusia, yaitu membetulkan yang
benar, dan menyalahkan yang salah sekalipun keluarganya yang salah.
36.Adapun keteguhan kepada sesuatu yaitu apabila kita berjalan dan tertumbuk
yakinlah, bahwa sayalah yang bersalah sebab benda itu tidak bergerak.
37.Adapun kejujuran terhadap mahluk, yaitu apabila ada harta benda kita,
mahluk, janganlah marah karena reskinya pulalah yang dimakam.
38.Adapun diam terhadap sesama, yaitu jangan mengatai-ngatai
PENJELASAN
Nasihat / Pappangaja mendeskripsikan tentang bagaimana seharusnya sifat yang
dimiliki oleh manusia pada umumnya dan masyarakat Bugis pada khususnya. Sifat
yang dimaksud adalah getteng (keteguhan), lempu (kejujuran), ada tongeng
(perkataan yang Benar), alabong (dermawan), mekko (diam), nyamekkininnawa
(perasaan senang), dan temmappasilaingeng (tidak membeda-bedakan). Pemaparan
dan pengungkapan teks “Pappangajana Abdul Bada dapat digolongkan dalam suatu
karya sastra yang bersifat keagamaan yang di dalamnya dihubungkan dengan sifat
para nabi. Di samping itu antara kalimat yang satu dengan yang lain saling
berhubungan sebagai satu
kesatuan yang menyeluruh.
Nilai-nilai religius yang diambil dari Nasihat / Pappangaja bangsa Bugis
dihubungkan dengan nilai-nilai religius antara lain; keimanan (tauhid) akhlak
dan muamalah yang bersumber agama Islam.
1. Keimanan (Tauhid)
- Barang siapa yang selalu berkata benar, dia sependirian dengan Nabi Haidir
yang selalu menang dan tidak pernah kalah
- Adapun kejujuran kepada Allah swt yaitu berbuat sewajarnya pada diri sendiri
- Adapun perkataan benar kepada Allah swt, yaitu dengan membuktikan
perbuatannya tidak akan menyembah selain Allah swt.
- Adapun dermawan kepada Allah swt, yaitu menyerahkan sepenuhnya kepada Allah
SWT.
- Adapun diam terhadap Allah SWT yaitu tawakkal kepada-Nya
- Adapun tidak berat sebelah kepada Allah swt, yaitu walaupun kita bangsawan,
ulama, kaya semua sama sebagai manusia ciptaan Allahswt.
2. Ibadah (syariah)
- Barang siapa yang selalu berhati baik sependirian dengan malaikat Israil yang
selalu naik tidak pernah turun.
- Adapun keteguhan terhadap Allah SWT, yaitu mentaati segala perintahnya dan menjauhi
larangannya.
- Adapun dermawan kepada Allah SWT, yaitu memberikan sebagian harta kita sesuai
dengan kemampuam baik berupa makanan maupun pakaian.
- Adapun diam kepada Allah SWT yaitu janganlah membicarakan sesuatu yang tidak
berguna.
3 Akhlak
- Adapun dermawan terhadap sesuatu, yaitu apabila ada harta benda kita makan
binatang atau dirusakkan janganlah marah-marah karena tetap reskinya yang
dimakan.
- Barang siapa yang menegakkan keteguhan adalah sependirian dengan nabi kita
Muhammad yang selalu menunjuk tetapi tidak pernah ditunjuk.
- Barang siapa menegakkan dermawan, maka sependirian dengan malaikat Jibril
yang selalu menghalangi, tetapi tidak pernah dihalangi.
- Barang siapa yang tidak berat sebelah (tidak memihak) maka sependirian dengan
malikat Israfil yang selalu menadah tapi tidak pernah ditadah dan selalu naik
tapi tidak pernah turun.
- Adapun keteguhan itu adalah penunjuknya nabi kita Muhammad SAW.
- Adapun kejujuran itu sifat perkataannya nabi Adam AS.
- Adapan berkata benar itu sifat menangnya nabi Haidir.
- Adapun dermawan itu, Sifat penahannya malaikat Jibril.
- Adapun diam itu sifat kebaikan malikat Mikail.
- Adapun berhati baik sifat naiknya malaikat Israil.
- Adapun yang tidak berat sebelah (tidak memihak) sifat menadahnya malaikat
Israfil.
- Adapun yang tidak berat sebelah (tidak memihak) kepada Allah SWT, yaitu
mensyukuri reski yang diberikan Allah SWT kepada kita, baik sedikit, banyak,
sukar maupun enaknya.
- Adapun kejujuran kepada Allah swt, yaitu orang yang bertindak secara wajar pada
dirinya.
- Adapun perkataan benar kepada Allah swt, yaitu apabila berkata sesuai hati
dengan perkataan.
- Adapun keteguhan sesama manusia yaitu menghargai keputusan orang lain
- Adapun kejujuran sesama manusia, yaitu apabila kita mampu melaksanakan apa yang
disuruhkan orang lain kepada kita.
- Adapun diam terhadap sesama manusia yaitu apbila tidak suka menceritakan
kejelekan orang lain.
- Adapun berhati baik sesama manusia, yaiu apabila orang lain menghianati kita
tetap balas dengan kebaikan walaupun kita telah mengetahui bahwa apa yang
dilakukan orang pada kita tidak baik
- Adapun yang tidak berat sebelah (tidak memihak) sesama manusia, yaitu orang
yang membetulkan yang benar dan menyalahkan yang salah sekalipun itu
keluarganya yang salah dan walaupun orang lain
kalau benar harus dibenarkan.
- Adapun keteguhan kepada sesuatu yaitu apbila kita berjalan dan tertumbuk,
berkatalah bahwa sayalah yang bersalah, sebab sesuatu itu nanti bergerak
apabila digerakkan, obatilah supaya cepat sembuh.
- Adapun kejujuran sesama mahluk, yaitu janganlah mempermainkan sesuatu kecuali
ada manfaatnya.
- Adapun diam terhadap sesuatu, yaitu apabila kita diganggu atau disusahkan
janganlah mengata-ngatai, karena memang sesuatu itu tidak mempunyai akal
pikiran.
4. Muamalah
- Barang siapa menegakkan kejujuran, maka sependirian dengan nabi Adam, yang
selalu memberitahukan tapi tidak pernah diberitahu.
- Adapun berhati baik kepada Alla Taala, yaitu janganlah memaksakan diri pada
hal-hal yang tidak dapat dijangkau melainkan menyerahkan kepada Allah SWT.
- Adapun dermawan sesama manusia, yaitu apabila kita rela memberikan harta kita
kepada orang lain secara ikhlas, karena sesungguhnya yang diberikan kepada
orang lain suatu saat Tuhan akan membalasnya.
” Nasihat / Pangaja mengandung nilai-nilai religius yang tersebar di dalamnya
yang mencakup beberapa aspek kehidupan manusia utamanya yang beragama Islam.
Islam tidak hanya apa yang wajib dan dilarang untuk dilakukan oleh manusia,
tetapi adalah suatu cara untuk mengetahui.
Hal inilah yang terpenting karena esensial Islam adalah agama pengetahuan.
Bagian pertama kesaksian Iman dalam Islam adalah La Ilaha illallah (tidak ada
Tuhan selain Allah). Orang Islam memandang bahwa semua ilmu pengetahuan
merupakan bukti kebenaran yang paling fundamental. Dalam Islam dikenal dengan
nama Tauhid atau Ke-Esaan Allah SWT. Kesadaran beragama orang Islam pada
dasarnya adalah kesadaran akan ke-Esaan Allah. Memiliki kesadaran akan ke-Esaan
Allah berarti meneguhkan kebenaran bahwa Tuhan adalah satu dalam essensinya,
nama, sifat, dan perbuatannya. Pengungkapan pengetahuan ke-Islaman dalam teks “
Pappangajana Abdul Bada” oleh pengarang bermaksud menyampaikan beberapa nasehat
atau ajaran- ajaran ke-Islaman di dalamnya untuk disampaikan kepada manusia.
Nilai-nilai relegius tersebut tersebar di dalamnya seperti adanya Allah, adanya
malaikat, adanya nabi, dan sebagainya, yang di dalamnya merupakan unsur- unsur
penjabaran Ke-Islaman.
Sebagaimana yang tercantum dalam teks Pappangajana Abdul Bada “ Naiya lempue ri
puang Alla Taala ianaritu,
matekakangi majeppu puang Alla Taala pancaji ripancanjie” (adapun kejujuran
kepada Allah yaitu dengan meyakini pengetahuan Allah sebagai pencipta dari
mahluk yang diciptakan). Hal ini menandakan bahwa hanya Tuhanlah satu-satunya
sebagai pencipta dari semua mahluk yang diciptakan di muka bumi ini. Sebagai
mahluk ciptaan Tuhan tentunya mempunyai kewajiban-kewajiban yang harus
dilakukan. Sebagaimana dalam teks “naiya ada tongengnge ri puang Alla Taala
riattekakangi de’ mappabati rilaennae puang Alla taala” (adapun perkataan yang
benar kepada Allah SWT yaitu dengan membuktikan perbuatannya dengan tidak
menyembah sesuatu selain Allah SWT. Sebagaimana dalam firman Allah SWT dalam
surah al-Anbiyah ayat 25 yang artinya“ Dan kami tidak mengutus seorang Rasul
sebelum engkau (Muhammmad), melainkan kami wahyukan kepadanya.bahwa
sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Aku, karena itu sembahlah Aku” Sementara
itu, sebagai mahluk- Nya kita diperintahkan untuk memuja-Nya dan menyerahkan
diri. Hal ini diungkapkan dalam teks “ Naiya lobae ri Puang Alla Taala
mappesonangenngi alenari puang Alla Taala” (adapun dermawan kepada Allah SWT
yaitu menyerahkan diri kepada- Nya. “ Naiya nyamengkininnawa ri puang Alla
Taala pannennuanngi pappujinna lao ri puang Alla Taala”
(adapun berhati baik kepada Allah SWT yaitu dengan memuja- Nya). Jadi secara
keseluruhan nilai-nilai yang terkandung dalam teks Pappangajana Abdul Bada
merupakan penjabaran dari rukun Iman.
Ibadah (syariat)
Niali-nilai yang terkandung dalam teks Pappangajana Abdul Bada yang berkaitan
dengan syariat tersebar dalam teks ini. Hal yang dimaksud yaitu bahwasanya
semua kegiatan manusia baik yang bersifat ubudiyah maupun yang muamalah
dikerjakan dalam rangka penyembahan kepada Allah SWT dan mencari keridhoan- Nya,
karena sesuatu pekerjaan bernilai ibadah tergantung dari niatnya. Nilai-nilai
ini dikaitkan dengan rukun Islam, yang penjabarannya ada dalam teks
Pappangajana Abdul Bada ini. Penjabaran ibadah dalam konteks ini yang diajarkan
Islam
tidak berarti harus menjauhi dan meninggalkan hidup duniawi seperti pergi
bertapa ke gua-gua, menjauhkan diri dari pergaulan masyarakat dan sebagainya,
akan tetapi Islam menghendaki keselerasan antara kehidupan duniawi dan akhirat.
Sebagaimana dalam teks “naiya riasengnge getteng ri Puang Alla Taala ianaritu
pannenngnuanngi
pogaui pakkasiwiangngi ri puang Alla Taala nennia niniriwi pappesangkana” (yang
dimaksud dengan keteguhan hati kepada Allah SWT yaitu melaksanakan segala
perintah- Nya dan menjauhi segala larangan- Nya). Sebagaimana dalam firman
Allah SWT dalam surah Ali Imran ayat 110 yang Artinya “ kamu adalah ummat
terbaik yang
pernah ditampilkan untuk menghadapi manusia, kamu menyuruh berbuat kebaikan,
melarang perbuatan yang tidak baik dan beriman kepada Allah SWT”
Berdasarkan ayat tersebut di atas yaitu kita diperintahkan melaksanakan
perintah Allah dan menjauhi larangan- Nya. Hal ini berarti sebagai orang Islam
kita percaya adanya Tuhan Yang Maha Esa. Kepercayaan tersebut diwujudkan dalam
bentuk peribadatan. Jadi pada prinsipnya Islam adalah La Ilaha Illallah (hanya
Allahlah yang
menjadi Tuhan, sebagai pencita kehidupan). Hal ini dipercayai dalam hati
nurani, diperlihatkan dalam upacara ibadah dan dinyatakan dalam bentuk hukum
dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu berhubungan dengan zakat tersirat
dalam teks ini anatara lain dengan memberikan sebagian harta kita kepada sesama
manusia dengan kemampuan, baik berupoa makanan maupun pakaian. Disini dapat
dilihat bahwa Islam tidak menyukai orang yang kikir dan
menyembah harta, tetapi Islam menghendaki kita mengorbankan sebagian harta kita
yang didapat dari hasil keringat di jalan- Nya, tanpa maksud pribadi
sedikitpun. Kesemuanya itu bertujuan untuk saling tolong- menolong, yang kaya
membantu yang miskin dan yang miskin tidakl suka menengadahkan tangan kepada
yang kaya untuk meminta.
Demikian pula kita selalu dianjurkan untuk selalu berhati baik dan berniat baik
kepada sesama mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
Akhlak dan Muamalah
Nilai-nilai religius yang berkaitan dengan akhlak dan mumalah yang dihubungkan
dengan tata kehidupan bermasyarakat yang dituangkan dalam teks ini. Sehubungan
dengan akhlak Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya “ sesungguhnya aku diutus
hanyalah untuk menyempurnakan keutamaan akhlak”
Dari sabda Nabi Muhammad SAW dapat ditarik kesimpulan antara lain;
Misi Moral pertama
Misi yang dimaksud disini adalah menyempurnakan akhlak yang mulia baik langsung
maupun tidak langsung. Sebagaimana dalam teks beberapa kali diungkapkan tentang
perlunya menegakkan sifat
kedermawanan, tidak berat sebelah, jujur dalam berkata, berbuat kebaikan, tidak
menceritakan kejelekan orang lain dan sebagainya.
Misi moral kedua
Yaitu melanjutkan misi Nabi Muhammad SAW yang sebelumnya, makanya dikatakan
sebagai penyempurnah dari akhlak nabi sebelumnya. Menurut ajaran Islam
berdasarkan praktek Rasulullah bahwa pendidikan akhlakul karimah adalah faktor
penting dalam membina suatu ummat atau membangun bangsa, kenapa? karena yang
diperlukan adalah keikhlasan, kejujuran, jiwa kemanusiaan yang tinggi,
kedisiplinan, berorientasi ke masa depan dan mengadakan pembaharuan. Kesemuanya
inilah yang harus ditanamkan kepada seluruh lapisan dan tingkatan masyarakat
mulai dari tingkat atas sampai pada lapisan bawah, karena lapisan atas inilah
yang akan memberikan contoh yang apabila memberikan contoh buruk maka
berlakulah pepatah “ guru kencing berdiri, maka murid akan kencing berlari”.
Begitupun akhlak jualan yang menentukan bangun dan runtuhnya suatu bangsa.
Sebagaimana yang dikatakan oleh penyair besar Ahmad Syauki Bey mengatakan yang
artinya : “Kekalnya suatui bangsa ialah selama akhlaknya kekal, jika akhlaknya
sudah lenyap maka musnah pulalah bangsa itu”
Nilai-nilai religius yang terkandung dalam naskah-naskah lama yang ada di
Sulawesi Selatan secara umum, merupakan nilai- nilai yang telah terkandung
dalam kehidupan dalam masyarakat namun demikian ada juga yang bersumber dari
luar. Teks “pappangajana Abdul Bada” merupakan nasehat- nasehat atau
petuah-petuah yang diberikan oleh orang tua kepada anak cucunya. Nilai- nilai
tersebut yang terkandung dalam teks “pappangajana Abdul Bada” adalah
nilai-nilai religius yang Islami yang disesuaikan dengan dasar-dasar atau
pokok-pokok ajaran Islam, yaitu; keimanan (tauhid), ibadah (syariat), dan
akhlak dan muamalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar