Total Tayangan Halaman

Minggu, 06 Januari 2013

Penjelasan dalam Melakukan habluminallah & habluminannas


Penjelasan dalam Melakukan habluminallah & habluminannas bisa merugikan orang lain Oleh Ustad Sinar Agama
Alvhie Dzulfiqar Afriezky:

salam ustad bertanya saat kita udah melakukan habluminallah & habluminannas dengan baik mungkin tidak, kita bisa merugikn orng lain ?

Sinar Agama:

Salam dan trims pertanyaannya:

Mungkin saja orang yang telah melakukan taklif pada Tuhan secara langsung (hablun minallaah) dan secara tidak langsung, yaitu kepada manusia atau alam (hablun minannaas), bisa merugikan orang lain. Yaitu orang2 yang berjalan di atas selain jalan Tuhan.

Inilah dunia materi. Ia memiliki sistem saling merugikan. Kalau yang berjalan di atas jalan selain jalan Tuhan yang lebih kuat, maka yang berjalan di atas jalan Tuhan akan terlindas. begitu pula sebaliknya.

Memang, ada juga jalan tengah yg, kadang tidak saling merugikan. tetapi di tampat2 yang mmg tidak ada pertentangan antara kedua jalan tsb secara lahiriah, atau, kalaulah ada, dianggap tidak terlalu penting untuk dikaji. Tolong menolong secara uruf di antara sesama manusia, merupakan jalan Tuhan dan jalannya manusia yang sekalipun tidak berjalan dengan ikhtiarnya di jalanNya.

Perhatian:
Untuk memastikan bahwa kita sdh benar-benar  berada di jalan Tuhan dm kedua hubungan itu, hablun minallaah dan minannaas, maka kita harus benar-benar  tahu agama, baik secara akidah dan secara fikih. Kalau kita tidak memiliki ilmu keduanya itu, maka jelas kita tidak akan pernah bisa memastikan apakah kita sdh melaksanakan dua hubungan itu dengan baik dan benar. Karena itu, jgn sampai terlena dengan percaya diri sendiri. wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar