Total Tayangan Halaman

Sabtu, 31 Agustus 2013

Adapun Tentang Makrifat

بسم الله الر حمن الر حيم Adapun Tentang Makrifat:
1. AWALUDIN MA’RIFATULLAH Artinya :Awal
agama adalah mengenal Allah.
2. LAYASUL SHALAT ILLA BIN MA’RIFAT
Artinya :Tidak syah shalat tanpa mengenal
Allah.
3. MAN ARAFA NAFSAHU FAKADE ARAFA
RABBAHU Artinya :Barang siapa mengenal
dirinya niscaya dia pasti akan mengenal
Tuhannya.
4. ALASTUBIRABBIKUM QOLU BALA
SYAHIDNA Artinya :Bukankah aku ini
Tuhanmu ? Betul engkau Tuhan kami,kami
menjadi saksi.(QS.AL-ARAF 172)
5. AL INSANNU SIRRI WA ANNALLAHU
SIRRUHU Artinya :Manusia itu rahasiaKU
dan akupun ALLAH rahasia baginya.
6. WAFI AMFUSIKUM AFALA TUBSIRUUN
Artinya :Aku ALLAH ada didalam Jiwamu
mengapa kamu sendiri tidak dpt melihat
(Q.s. Adz-Dzariyat:21)
7. WANAHNU AKRABI MIN HABIL WARIZ
Artinya :Aku ALLAH lebih dekat dari urat
nadi lehermu.
8. LAA TAK BUDU RABBANA LAM YARAH
Artinya :Aku tidak akan menyembah Allah
bila aku tidak melihatnya lebih dahulu.
9. INNAHU ALIMUN BIZATISH SHUDUR
Artinya: Sesungguhnya AKU ALLAH maha
mengetahui segala isi hati (Q.s AL
MULK:13).
10. WA HUWA MA AKUM AINAMA KUNTUM
Artinya: AKU ALLAH berada dimana saja
kamu berada. (Q.s AL HADID:4).
BAB III.
HAKIKAT NUR MUHAMMAD.
Alimul Fadhil H. Muhammad Zaini bin Abdul
Ghani al-Banjari (Guru Sekumpul) pernah
menyinggung dan menguraikan
pembahasan tentang salah satu tema yang
selalu aktual diperbincangkan dalam dunia
tasawuf, yakni wacana tentang ‘Nur
Muhammad’ dalam salah satu pengajian
beliau di Komplek al-Raudah Sekumpul
Martapura. Untuk membutiri kembali
pandangan tentang Nur Muhammad
dimaksud seiring dengan peringatan haul
beliau yang ke-5 tahun ini (5 Rajab 1431 H
17 Juni 2010 M) berikut tulisan ini
dihadirkan guna pencerahan. Apakah yang
dimaksud dengan Nur Muhammad
tersebut?
Dalam kitab Hikayat Nur Muhammad
diceritakan bahwa tubuh manusia (anak
Adam) mengandungi tiga unsur, yakni
jasad, hati dan roh. Di dalam roh terdapat
hakikat, di dalam hakikat tersimpan
rahasia, rahasia itulah yang dinamakan
makrifah Allah. Di dalam makrifah pula ada
zat yang tidak menyerupai sesuatu pun.

 — bersama 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar